PROSES KERAJINAN BAHAN LUNAK

Fungsi produk kerajinan bahan lunak ini dibedakan menjadi dua, yaitu berfungsi sebagai benda pakai dan sebagai benda hias:

1. Fungsi Pakai
Benda atau barang dari bahan lunak yang memiliki fungsi pakai biasanya digunakan sebagai alat, wadah, ataupun pelengkap busana. Sebagai benda pakai, tentu tujuan pembuatannya lebih mengutamakan fungsinya, sementara unsur keindahan atau estetik hanya sebagai pendukung. Fungsi pakai dibedakan lagi menjadi fungsi bahan bangunan, wadah, pembersih, dan fungsi hiburan. Fungsi sebagai bahan bangunan bisa berupa gips dan batako, fungsi sebagai wadah bisa berupa kotak tisu, fungsi hiburan seperti wayang kulit, dan sebagai pembersih bisa berupa keset.
2. Fungsi Hiasan
Kerajinan bahan lunak sebagai benda hias dibuat untuk dipajang sebagai hiasan atau elemen estetis yang lebih mengutamakan aspek keindahan dibandingkan kegunaan. Contoh dari kerajinan bahan lunak yang memiliki fungsi hias yaitu patung, guci, dan lain sebagainya.
Kerajinan bahan lunak memiliki nilai ekonomis serta nilai seni yang tinggi. Sebenarnya tidak sulit membuat kerajinan dari bahan lunak ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga umumnya mudah didapatkan. Terus berionvasi untuk menciptakan karya dari bahan lunak, terutama bagi wirausaha yang bergelut dibidang ini. Jadi, teruslah berkarya!

sumber:http://berinovasi.com/2017/11/24/macam-macam-kerajinan-bahan-lunak/
sumber:https://oktaviojalu.blogspot.com/2019/01/fungsi-kerajinan-bahan-lunak.html

Komentar